Cara Menampilkan Data Barcode Scanner SR-1000 Keyence ke Notepad

Hasil pembacaan Barcode Scanner SR-1000 dapat ditampilkan ke notepad dengan bantuan software bawaan dari Keyence yaitu AutoID Keyboard Wedge.
Barcode Scanner Keyence tipe SR-1000 dapat menampilkan data ke software AutoID Network Navigator dengan komunikasi Ethernet, USB, dan RS232. Selain itu, hasil pembacaan SR-1000 juga dapat ditampilkan ke notepad dengan bantuan software bawaan dari Keyence yaitu AutoID Keyboard Wedge. Jika sobat pernah melihat atau memakai barcode scanner tipe USB, konsep software ini hampir sama seperti itu. berSoftware ini berfungsi untuk mengubah data serial dari SR-1000 menjadi cursor location. Jadi ketika ada trigger dari barcode SR-1000, data akan masuk mengikuti cursor location yang telah ditempatkan. Sebelum sobat lanjut tutorial pada artikel ini, sobat diwajibkan membaca dahulu bagaiamana mendapatkan software AutoID, Bagaimana cara tuning yang benar pada link dibawah ini. Sobat masih bingung? Mari kita simak artikel dibawah ini.

Keyboard Wedge SR-1000
Keyboard Wedge SR-1000

Daftar Isi

Persiapan Pertama: Ganti IP Address Komputer

Persiapan awal sebelum bisa menampilkan data di notepada yaitu mengganti atau membuat IP Address untuk komputer. Jika sobat belum tau caranya simak artikel dibawah ini. Jika sudah sobat bisa melewati dan lanjut ke persiapan kedua.
LINK Cara Cepat Mengganti IP Address Komputer Visit Link

Persiapan Kedua: Download AutoID Network Navigator

Selanjutnya di persiapan kedua ini, sobat diwajibkan untuk memasang software AutoID Network Navigator terlebih dahulu. Untuk download dan cara installnya kunjungi link dibawah ini. Jika sudah silahkan lanjut ke persiapan ketiga.
LINK Cara Install AutoID Network Navigator Visit Link

Persiapan Ketiga: Cara Tuning Barcode SR-1000

Persiapan terakhir yaitu melakukan tuning atau mempertajam pembacaan kode pada SR-1000.
LINK Cara Mudah Tuning Barcode Scanner SR-1000 Keyence Visit Link

Yuk Simak Cara Menampilkan Data Ke Notepad

Setelah sobat mengikuti seluruh persiapan diatas, sobat akan melihat hasil pembacaan di software AutoID Network Navigator. Selanjutnya simak tutorial cara mengambil data dari pembacaan barcode ke notepad dibawah ini.
  1. Pertama klik Start Menu, cari folder Keyence AutoID, klik software AutoID Network Navigator.
  2. Preparation - AutoID Keyboard Wedge
    Preparation - AutoID Keyboard Wedge
  3. Hubungkan device SR-1000 dengan PC, kemudian klik Connect hingga indikator nomer 1 berwarna hijau. Pilih tab Ethernet, setting IP Address dari device SR-1000. IP harus dalam 1 jaringan yang sama dengan komputer sobat. Jika sudah klik menuStart the setup wizard untuk melakukan pengaturan lanjutan pada Ethernet SR-1000.
  4. Step 1 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 1 - AutoID Keyboard Wedge
  5. Pilih I/O Terminal Input, kemudian klik Next. Sedangkan Command Input digunakan untuk komunikasi serial misalnya SR-1000 ke Visual Studio via RS232 dan lain sebagainya.
  6. Step 2 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 2 - AutoID Keyboard Wedge
  7. Pilih Computer kemudian klik Next. Sedangkan Field Network/PLC untuk menghubungkan SR-1000 dengan PLC. Komunikasinya melalui Ethernet/IP, PLC Link, atau Melsoft Connection.
  8. Step 3 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 3 - AutoID Keyboard Wedge
  9. Pilih mode TCP kemudian klik Next.
  10. Step 4 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 4 - AutoID Keyboard Wedge
  11. Sebelum lanjut ke step selanjutnya, lihat IP Address komputer sobat dengan cara klik Start Menu, cari folder Windows System, klik kanan pada CMD kemudian klik Run as administrator.
  12. Step 5 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 5 - AutoID Keyboard Wedge
  13. Setelah itu ketik pada halaman CMD ipconfig untuk mengetahui IP Address Ethernet komputer sobat. Silahkan copy dan paste kode dibawah ini ke halaman CMD sobat dan tekan Enter pada keyboard.
  14. 
    ipconfig
    
    Step 6 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 6 - AutoID Keyboard Wedge
  15. Catat IP Address Ethernet sobat lalu isikan pada halaman AutoID Network Navigator seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian klik Completed untuk mengakhiri pengaturan lanjutan AutoID Network Navigator.
  16. Step 7 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 7 - AutoID Keyboard Wedge
  17. Klik OK kemudian klik Send Configuration
  18. Step 8 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 8 - AutoID Keyboard Wedge
  19. Jika step diatas sudah dilakukan, buka software AutoID Keyboard Wedge dengan cara klik Start Menu, cari folder Keyence AutoID, klik software AutoID Keyboard Wedge.
  20. Step 9 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 9 - AutoID Keyboard Wedge
  21. Kemudian akan muncul halaman software AutoID Keyboard Wedge. Pilih IP Address Ethernet komputer sobat. Klik Start untuk mulai pembacaan data dari SR-1000.
  22. Step 10 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 10 - AutoID Keyboard Wedge
  23. Setelah itu, lakukan Capture pada barcode scanner SR-1000 dengan cara seperti pada gambar dibawah ini.
  24. Step 11 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 11 - AutoID Keyboard Wedge
  25. Secara otomatis data akan tampil kedalam software AutoID Keyboard Wedge.
  26. Step 12 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 12 - AutoID Keyboard Wedge
  27. Jika sudah muncul, buka notepad kemudian letakkan cursor pada halaman Notepad dan lakukan step nomor 11. Jika berhasil data secara otomatis tampil di Notepad.
  28. Step 13 - AutoID Keyboard Wedge
    Step 13 - AutoID Keyboard Wedge

Kesimpulan

Software AutoID Keyboard Wedge berfungsi untuk mengubah mode serial dari barcode scanner SR-1000 menjadi mode cursor locatio. Sehingga data dapat langsung dibaca oleh software buatan atau notepad. Selain menggunakan protokol Ethernet, sobat bisa menggunakan protokol serial di software AutoID Keyboard Wedge. Pada artikel selanjutnya, admin akan membahas cara menambahkan terminator atau prefix pada hasil pembacaan barcode.