Ternyata PLC Mitsubishi Sering Di Pakai Industri

PLC Yang Sering Digunakan Industri Adalah PLC Mitsubishi. Contohnya industri Otomotif yang sedang naik daun.
All Mitsubishi PLC Series
source: dewateknik.com

Daftar Isi

Apa Itu PLC?

Pada artikel ini Admin akan menjelaskan tentang PLC Mitsubishi yang banyak dipakai oleh beberapa industri besar di Indonesia dan Dunia. Sebenarnya jika kita berbicara PLC, maka sangat luas topik yang akan dibawakan. Namun pada artikel ini akan dibahas besaran nya saja, seperti perkenalan PLC Mitsubishi, jenis, fitur dan keunggulan dibandingkan dengan PLC lain. Sebelum menuju ke fitur dan keunggulan mitsubishi, mari kita simak pengertian PLC terlebih dahulu. Programmable Logic Controllers atau lebih dikenal dengan sebutan PLC adalah Mini komputer yang dapat di program dan memiliki fungsi kendali ke beberapa perangkat elektrik yang didukung. Penggunaan yang sangat mudah dengan resiko kegagalan hardware membuat PLC digunakan oleh seluruh lapisan industri. Baik otomotif, makanan, maupun manufaktur. Sedangkan menurut ilmuwan yang bernama Capiel (1982), PLC adalah:
Sistem elektronik yang beroperasi secara dijital dan didisain untuk pemakaian di lingkungan industri, dimana sistem ini menggunakan memori yang dapat diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsi-fungsi spesifik seperti logika, urutan, perwaktuan, pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/ O digital maupun analog.
Author
Capiel (1982)Ilmuwan
Berdasarkan namanya konsep PLC adalah sebagai berikut : 
  1. Programmable, menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan program yang telah dibuat yang dengan mudah diubah-ubah fungsi atau kegunaannya. 
  2. Logic, menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic ( ALU) , yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.
  3. Controller, menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.
Konsep PLC
source: dewateknik.com
Dalam dunia industri sudah tidak asing lagi dengan PLC. Beberapa merk mulai dari low cost-high cost, modular-compact, low tech-high tect dan lain sebagainya digunakan oleh beberapa industri. Berikut ini beberapa merk dan jenis PLC yang sering digunakan oleh Industri di Indonesia.
  1. Mitsubishi PLC
    • Software : MELSOFT Series (GX-Works, GX-Developer)
    • Type Compact PLC: MELSEC FX3UC, MELSEC FX3G, MELSEC FX1N dan MELSEC FX1S
    • Type Modular PLC: Q-Series: Q06UDV CPU, L-Series, A-Series 
  2. Allen Bradley
    • Software : RS Logix
    • Type Logix-5 Family: PLC-5
    • Type Logix-500 Family: SLC-500 dan Micrologix
    • Type Logix-500 Family: ControlLogix, CompactLogix dan FlexLogix
  3. Siemens
    • Software : Simatic, TIA-Portal
    • Type Micro PLC: S7-200 dan S7-1200
    • Type Modular PLC: S5-115U, S7-300 dan S7-400
  4. Omron
    • Software : CX-One
    • Type Micro PLC: CPM1A, CP1E dan CP1L
    • Type Basic PLC: CJ1M dan CQM1H
    • Type Modular: CJ1H/CJ1G dan CS1H/CS1G
  5. Schneider
    • Software : PL7, ProWORX 32 dan Zelio Soft
    • Type Micro PLC: Modicon M340
    • Type Machine Control PLC: Modicon Premium
    • Type Process Control PLC: Modicon Quantum
    • Type Process Control PLC: Modicon Quantum
Baca Juga : Teknologi Baru Virtual Reality Mampu Merasakan Seluruh Tubuh

Pengenalan Mitsubishi PLC

Grade Melsec Q Series
source: dewateknik.com
Gambar diatas merupakan tipe PLC Mitsubishi berdasarkan grade performance dan memory sizing. Semakin tinggi grade performance, semakin tinggi harga dari PLC tersebut. Hal ini sejalan dengan aplikasi yang akan dikembangkan di dunia Industri. PLC Mitsubishi dibagi mejadi 2 tipe yaitu Compact dan Modular. Pada artikel kali ini Admin akan coba menjelaskan apa saja tipe-tipe yang terdapat pada Compact Series dan Modular Series. Compact series banyak digunakan mesin pada Industri Kecil-Menengah dengan mesin konvesional dan tidak ada integrasi dengan sistem otomasi. Sedangkan tipe modular banyak digunakan oleh industri besar. Contohnya manufaktur yang membutuhkan bantuan robot sebagai handling benda kerja, otomasi line produksi, dan lain lain. Selain itu, semakin canggihnya teknologi membuat Mitsubishi PLC meningkatkan fitur-fiturnya dengan menyisipkan port ethernet pada modular PLC untuk mendukung Industri 4.0 di dunia. Simak penjelasan tipe-tipe Mitsubishi PLC dibawah ini.

Q-Series PLC

Melsec Q Series
source: dewateknik.com
Tipe PLC Q-Series dirancang oleh Mitsubishi dengan kinerja besar, fleksibilitas, dan keunggulan yang begitu banyak. PLC tipe ini mempunyai kapasitas memori yang sangat besar dibandingkan dengan tipe PLC Mitsubishi lainnya. Karena dirancang khusus untuk Industri yang akan mengaplikasikan otomasi. Bukan hanya itu, Q-Series PLC saat ini juga mampu mengadopsi kebutuhan Industri 4.0 yaitu ketersediaan port ethernet yang akan memudahkan integrasi data dari Shop Floor menuju Cloud Based. Berikut ini spesifikasi masing-masing Q-Series PLC.
  1. Universal Model QCPU
    • Q00UJCPU : I/O 256 points, program capacity 10k steps, USB/RS232, 100-240VAC input/5VDC 3A
    • Q00UCPU : I/O 1024 points, program capacity 10k steps, USB/RS232
    • Q01UCPU : I/O 1024 points, program capacity 15k steps, USB/RS232
    • Q02UCPU : I/O 2048 points, program capacity 20k steps, USB/RS232
    • Q03UDCPU : I/O 4096 points, program capacity 30k steps, USB/RS232
    • Q04UDHCPU : I/O 4096 points, program capacity 40k steps, USB/RS232
    • Q06UDHCPU : I/O 4096 points, program capacity 60k steps, USB/RS232
    • Q10UDHCPU : I/O 4096 points, program capacity 100k steps, USB/RS232
    • Q13UDHCPU : I/O 4096 points, program capacity 130k steps, USB/RS232
    • Q20UDHCPU : I/O 4096 points, program capacity 200k steps, USB/RS232
    • Q26UDHCPU : I/O 4096 points, program capacity 260k steps, USB/RS232
  2. Built-in Ethernet type (I/O 4096 points)
    • Q03UDECPU : Program capacity 30k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 120KB
    • Q04UDEHCPU : Program capacity 40k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 160KB
    • Q06UDEHCPU : Program capacity 60k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 240KB
    • Q10UDEHCPU : Program capacity 100k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 400KB
    • Q13UDEHCPU : Program capacity 130k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 520KB
    • Q20UDEHCPU : Program capacity 200k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 800KB
    • Q26UDEHCPU : Program capacity 260k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 1040KB
    • Q50UDEHCPU : Program capacity 500k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 2000KB
    • Q100UDEHCPU : Program capacity 1000k steps, USB/Ethernet, Memory capacity 4000KB

FX-Series PLC

Melsec F Series
source: dewateknik.com
Pada seri compact ini, Mitsubishi menghadirkan tipe FX Series dimana ada beberapa grade didalam nya. Contohnya seri terbaru dari FX-Series adalah FX3U PLC. PLC ini adalah seri baru dari keluaran sebelumnya yaitu FX1S, FX1N, FX2N yang sekarang sudah discontinue untuk produksi nya dan digantikan oleh FX3U, FX3G, FX3UC, FX3GE, FX3GC. PLC tersebut merupakan generasi ketiga dari Compact PLC Mitsubishi dengan berbagai perbaikan dan fitur unggulan dari sebelumnya. Dikembangkan untuk pasar dunia, dengan fitur kontrol terbaru dan sistem "adapter bus" yang dapat  digunakan untuk ekspansi modul. Kemudian dari sisi komunikasi terdapat port ethernet, USB dan RS-442 mini DIN konektor.

A-Series PLC

Tampilan Keren dan Kece
source: dewateknik.com
Pada tahun 1990-2000 Industri di Indonesia bnayka menggunakan seri PLC A-Series. PLC jenis ini cocok untuk sistem sederhana hingga sistem skala besar. PLC ini mempunyai 4.096 I/O dan kapasitas memori program 120k step. Sistem yang terdapat pada PLC ini mempunyai kapasitas pemrosesan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan seri A3A, A3U, atau A4UCPU. Kemudian fitur lanjutan dapat dengan mudah diperluas ke skala yang lebih besar dengan memanfaatkan jaringan, karena A2U, A3U, A4UCPU kompatibel dengan MELSECECNET/10.
Sayangnya, Mitsubishi Electric Indonesia telah mengehntikan produksi untuk Tipe A-Series
Author
Mitsubishi Electric Indonesia1990 - 2006

L-Series PLC

Ultra Slim Design
source: dewateknik.com
L-Series adalah CPU modular yang kuat namun ringkas dengan banyak fitur bawaan yang ada didalamnya. Dengan kinerja, harga dan kegunaannya, sangat ideal untuk digunakan dalam aplikasi kontrol ukuran menengah. L-Series mempunyai fleksibilitas sistem tinggi. Dengan desain yang tidak memiliki rak dapat meningkatkan fleksibilitas sistem yang tinggi. Arsitektur Single-CPU membuat L-Series mempunyai antarmuka Ethernet dan Mini-USB internal, slot kartu memori SD/SDHC untuk penyimpanan program dan pencatatan data, dan 24 I/O digital untuk fungsi penghitungan dan pemosisian kecepatan tinggi yang sederhana. Selain fungsi yang sudah ada di dalamnya, CPU dapat dilengkapi hingga 10 modul ekstensi dan analog tambahan, penghitung kecepatan tinggi, antarmuka komunikasi, Simple Motion, pemosisian, dan sebagainya.

IQ-R Series PLC

Ultra Thin
source: dewateknik.com
Tipe selanjutnya yaitu R-Series. PLC ini merupakan tipe tertinggi dari seri PLC Mitsubishi lainnya. PLC jenis ini jarang digunakan oleh sebagian industri karena kemampuannya untuk membangun sistem otomasi yang dengan tingkat produktivitas tinggi dan kualitas produk yang konsisten. Seri MELSEC iQ-R telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia yang sebagian membutuhkan kontroler yang sangat canggih dan terbagi menjadi tujuh area utama: Produktivitas, Teknik, Perawatan, Kualitas, Konektivitas, Keamanan, dan Kompatibilitas. Seri MELSEC iQ-R mencakup berbagai kebutuhan kontrol otomasi yang beragam, didesain ulang dengan kecepatan tinggi untuk memastikan kinerja tinggi dan daya pemrosesan yang cerdas. Berikut ini spesifikasi dari IQ-R.
  1. Memory Capacity 10K hingga 1200K steps
  2. Arsitektur Port jaringan gigabit yang tertanam pada CPU
  3. Keamanan jaringan di perangkat keras SRAM./li>
  4. Motion Control (posisi, kecepatan, torsi, sinkronisasi lanjutan, dll).
  5. Standar internasional (ISO 13849-1 PL e, IEC 61508 SIL 3) keselamatan CPU
  6. Kontrol PID dengan kecepatan tinggi, penggantian modul saat online program (hot-swap)
  7. Mendukung Redundan CPU

FX5-Series PLC

Tipe selanjutnya adalah IQ-F Series atau sering disebut FX5 Series. PLC ini hanya menghadirkan 2 varian model. CPU-Unit dan Compact Unit. Masing-masing model memiliki I/O namun berbeda kapasitasnya. FX5 Series dilengkapi dengan fungsi analog, komunikasi dan I/O berkecepatan tinggi, dan dapat dengan mudah diperluas dengan ekspansi dan adaptor. PLC ini tergolong unik karena dalam satu kontroler terdapat banyak fitur yang tertanam tanpa ada ekspansi modul. Berikut fitur-fiturnya.
  1. Control scale: 16-256 points (CC-Link, AnyWire of remote I / O configuration during 512 points)
  2. Basic unit: 32 points
  3. Built-in high-speed counter: maximum 6ch 200kHz + 2ch 10kHz
  4. Built-in positioning: up to 200kHz independent 4 axes
  5. Built-in Ethernet port: 1ch
  6. Built-in RS-485 port: 1ch
Feel's free on music
source: dewateknik.com
Tipe FX5U termasuk kedalam versi compact, dimana terdapat banyak I/O ports dibandingkan dengan versi CPU Unit dengan tipe FX5UC.
Baca Juga : Microsoft Paint Akan Punah, Ini Gantinya!

Video Mitsubishi PLC