Teknologi Baru Virtual Reality Mampu Merasakan Seluruh Tubuh

Teknologi baru VR memungkinkan manusia dapat merasakan suasana di dalam dunia realitas secara aktual.
Tesla Suite Virtual Reality
source: dewateknik.com

Teknologi Virtual Reality

Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu, teknologi ini mampu menjadikan orang yang merasakan dunia maya tersebut terkecoh dan yakin bahwa yang dialaminya adalah nyata. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual,yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik,tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil penginderaan, seperti suara melalui speaker atau headphone. Virtual reality disingkat dengan VR yang dapat menciptakan sebuah simulasi dunia tiga dimensi.
Tesla Suite VR
source: teslasuite.io

Game 3D VR


Bila kita melihat game-game virtual reality (VR) beberapa tahun belakangan, masih ada satu selisih yang nyata antara dunia nyata dan dunia VR, yaitu keterbatasan interaksi dari game dan anggota tubuh tanpa controller. Kita hanya bisa menggerakkan animasi dalam game, tanpa bisa merasakan diri sendiri. Bahkan, terkadang beberapa game hanya memberikan tampilan tangan saja, tanpa ada anggota tubuh lain. Kabar baiknya, merasakan tubuh di VR sepertinya akan menjadi kenyataan dalam beberapa waktu mendatang. Beberapa developer telah mengembangkan berbagai macam cara dan teknologi untuk membuat sensasi “tubuh nyata” di dunia VR menjadi punya banyak fungsi. Salah satunya adalah CloudGate Studio, yang menggabungkan 4 buah controller HTC Vive untuk tangan dan kaki. Hasilnya? Benar-benar luar biasa, kita bisa berinteraksi dengan dunia sekitar di VR layaknya beraksi di dunia nyata. Game paling populer yang dikelaurkan oleh Cloud Gate Studio adalah "Island 359". Game ini mengahdirkan suasana dalam hutan dengan latar waktu zaman dinosaurus, dimana kita akan dibawa kedalam suasana tersebut.
3D VR Games
source: cloudgate.studio

Tesla Suit

Tesla Suit adalah serangkaian teknologi sensor Haptic yang berada pada seluruh tubuh untuk pengalaman Virtual Reality dengan kondisi fisik masuk kedalam suasana virtual. Tesla Suit mengintegrasikan kombinasi haptics, motion capture, dan biometry. Tesla Suit dibandrol dengan harga USD 12999 Dollar Amerika atau setara 182 juta rupiah untuk versi Developer Kit. Beberapa aplikasi yang sudah diterapkan dan masih proses development yaitu:
  • Enterprise
  • Public Safety
  • Athletics
  • Rehabilitation (Development)

Intip Cara Kerjanya!

Prinsip kerja dari Tesla Suit didasarkan pada pengiriman amplitudo pulsa, frekuensi dan arus listrik dengan intensitas kecil yang berbeda ke elektroda. Tesla Suit menggabungkan dua sistem elektrostimulasi.
  • TENS (Stimulasi Saraf Listrik Transkutan (atau Saraf); 
  • EMS (Stimulasi Otot Listrik). 
Kedua sistem tersebut merangsang ujung saraf, yang memengaruhi permukaan kulit. EMS akan menyebabkan kontraksi otot, sedangkan TENS menggunakan impuls listrik yang lebih ringan untuk merangsang otot dan stimulasi pada tubuh. Saat bagian virtual tubuh bertabrakan dengan objek virtual, perangkat unit pergantian mengirimkan pulsa dari generator pulsa ke elektroda yang terletak di area yang sama dengan tubuh asli pemakainya. Elektroda beroperasi dengan prinsip berurutan atau Stimulasi E-Cloud. Hal ini memungkinkan pengurangan yang signifikan dalam penggunaan energi. Kemudian elektroda akan menggabungkan variasi nilai dan waktu yang berbeda untuk menciptakan simulasi sensasi virtual yang berbeda yang diterapkan pada dunia fisik.
Baju Tesla
source: teslasuit.io

Vibrasi Pada Seluruh Tubuh

Tesla Suit menggunakan getaran sebagai rangsangan ke seluruh tubuh. Motor yang menghasilkan sumber getaran ditempatkan ke dalam zona yang mengalami tabrakan (interaksi benda virtual dengan tubuh manusia). Keuntungan dari sistem ini adalah harga yang relatif murah dan kemudahan pemasangan. Sedangkan kelemahan utama nya yaitu konsumsi energi yang tinggi, akurasi transfer indra yang rendah, dan ketidakmampuan untuk meniru berbagai indra.
Asus Zenbook
source: teslasuit.io

Motion Tracking

Sistem penangkapan gerak atau lebih dikenal dengan Motion Tracking adalah teknologi yang diterapkan pada Tesla Suit yang memungkinkan penentuan posisi seseorang di dunia nyata dan diterapkan di dunia realitas secara akurat, melacak pergerakan anggota tubuh, serta gerakan dan putaran jari. Teknologi ini menjadi realitas virtual dari animasi dan produksi film.
Asus Zenbook
source: teslasuit.io

Sarung Tangan VR

Sarung tangan VR juga termasuk kedalam fitur dan kelengkapan Tesla Suit. Sarung tangan berfitur lengkap ini, dilengkapi dengan sistem berbasis sensorik (Haptic Feedback atau sistem penangkapan gerak). Sarung tangan ini juga mampu mendeteksi seluruh keadaan di dalam dunia relaitas sehingga kita bisa merasakannya di dunia nyata. Mengingat bentuk interaksi yang paling nyaman dalam VR adalah menyentuh benda-benda buatan dengan tangan maka sarung tangan adalah salah satu bagian penting dari VR-suit. Dengan adanya sarung tangan VR ini memungkinkan seseorang untuk menyentuh dinding, senjata, air, bahkan merasa tidak ada atau tidak dapat diakses di objek dunia nyata.
Asus Zenbook
source: teslasuit.io

Video Tesla Suit