Begini Cara Download Upload Program PLC Mitsubishi

Simak cara download dan upload program PLC Mitsubishi yang benar
Mitsubishi Q Series
source: dewateknik.com

Daftar Isi

Persiapan Alat Perang

Pada artikel ini Admin akan menjelaskan tentang "Cara Download dan Upload Program PLC Mitsubishi dengan software GX-Works 2". Sebelum menghubungkan PC dengan PLC, dibutuhkan beberapa alat pendukung seperti PC, Kabel, Software dan Camilan. Pada dasarnya metode untuk upload dan download program di PLC Mitsubishi ada banyak cara. Melalui kabel mini USB, Ethernet, CC-Link, GOT, dan sebagaianya. Namun kali ini admin akan coba menjelaskan dengan menggunakan kabel ethernet atau IP based. PLC Mitsubishi yang mendukung ethernet diantaranya Q Series PLC High Performance, R-Series, FX5U Series, FX Series With Ethernet Module, Q Series With Ethernet Module.

Baca Juga : Ternyata PLC Mitsubishi Sering Di Pakai Industri

Kabel Komunikasi

Kabel komunikasi dari PC ke PLC Mitsubishi sangat beragam dan tergantung tipe PLCnya. Namun pada tutorial ini akan menggunakan kabel ethenert staright untuk komunikasi ke PLC Mitsubishi.
  1. Kabel Mini USB
  2. Dari pengertiannya USB atau Universal Serial Bus adalah standar industri yang menetapkan spesifikasi untuk kabel dan konektor serta protokol untuk sambungan, komunikasi, dan catu daya antara komputer, pheriperal, dan komputer lain. PLC termasuk dalam kategori perangkat pheriperal dan komputer. Maka kabel jenis ini didukung untuk PLC Mitsubishi.
    Mini USB
    source: dewateknik.com
  3. Kabel Ethernet
  4. Untuk menghubungkan 2 Komputer pada jaringan yang sama menggunakan kabel ethernet dengan konfigurasi straight. Sama halnya dengan PLC dan PC. Dibawah ini adalah konfigurasi kabel ethernet staright.
    Ethernet Straight
    source: dewateknik.com

Spesifikasi Komputer

Untuk pemasangan software GX-Works diperlukan minimum requirement dari PC yang akan dipasang. Berikut ini spesifikasinya: 
  • Personal computer Windows® supported personal computer CPU Intel®CoreTM2 Duo Processor 2GHz or more recommended 
  • Required memory 1GB or more recommended 
  • Available hard disk capacity When installing GX Works2: HDD available capacity is 2.5GB or more. When operating GX Works2: Virtual memory available capacity is 512MB or more. 
  • Disk drive CD-ROM supported disk drive 
  • Monitor Resolution 1024 x 768 pixels or higher 
  • OS (English version) Windows® 10 (Home, Pro, Enterprise, Education) Windows 8.1, Windows 8.1 (Pro, Enterprise) Windows 8, Windows 8 (Pro, Enterprise) Windows 7 (Starter, Home Premium, Professional, Ultimate, Enterprise) Windows Vista® (Home Basic, Home Premium, Ultimate, Business, Enterprise)*1 Windows XP® (Professional SP3, Home SP3)*
  • Communication interface*2 RS-232 port USB port Ethernet port

Software GX-Works 2

Tampilan Keren dan Kece
source: dewateknik.com
Software GX-Works adalah software developer untuk pemrograman Ladder yang ditujukan untuk PLC Mitsubishi. GX Works 2 dapat dijalankan hanya pada OS Windows dan dapat digunakan oleh tipe tertentu saja. Diantaranya Q-Series PLC, A-Series PLC, FX-Series PLC, R-Series PLC. Sedangkan FX5U, menggunakan software GX Works 3. Pada dasarnya secara program sama saja. Perbedaan hanya terletak pada tampilan yang lebih baru dibandingkan dengan GX Works 2.

Instalasi Software GX-Works 2

Untuk instalasi software GX Works 2, ada di artikel terpisah. Di artikel tersebut dijelaskan cara instalasi dan download softwraenya.

Baca Juga : Download Software Mitsubishi PLC GX Works 2 Lengkap Dengan Tutorial

Setting Komunikasi

Setelah software GX Works berhasil di install di PC masing-masing, langkah selanjutnya yaitu setting komunikasi antara PC dengan PLC agar dapat terhubung. Ada banyak protokol yang bisa digunakan dalam komunikasi PLC Mitsubishi. Menggunakan USB, Ethernet, CC-Link, GOT, dan sebagainya. Kali ini Admin akan menggunakan kabel USB dan Ethernet untuk komunikasi dengan PLC Mitsubishi. Spesifikasi PLC yang akan digunakan yaitu Q26UDV CPU tipe modular dengan protokol USB dan Ethernet.
  1. Serial USB
  2. Pada protokol USB, tidak ada yang perlu di setting kecuali memastikan kabel USB yang dipakai tipe Mini seperti pada gambar diatas. Kemudian driver plc mitsubishi akan otomatis terinstall saat instalasi berhasil dilakukan dan tanpa masalah.
  3. Ethernet
  4. Pada protokol Ethernet, agar bisa terkoneksi dengan PLC, jenis kabel yang digunakan yaitu Straight. Selain itu diperlukan setting pada bagian PC Network, IP dan netmask. Kemudian IP yang terhubung satu sama lain masih dalam satu jaringan.
Berikut ini cara setting network dan IP di PC.
  1. Klik start start kemudian search dan klik menu Control Panel
  2. Pilih menu Network and Interface dan Network Sharing Center
  3. Network Sharing Center
    source: dewateknik.com
    Default IP Address untuk Q Series yaitu 192.168.3.9 sedangkan FX5U 192.168.3.250
    Author
    Mitsubishi Electric Indoneisa2021
  4. Setting IP Address, Netmask, dan Gateway sesuai dengan IP PLC asing-masing.
  5. Setting IP
    source: dewateknik.com
  6. Jika sudah setting IP, pastikan untuk cek koneksi PLC dan PC dengan melakukan ping test dari PC ke PLC.
  7. Ping Test
    source: dewateknik.com

Baca Juga : Microsoft Paint Akan Punah, Ini Gantinya!

Download Program Q-Series PLC

Akhirnya sampai juga di tahap bagaimana cara membaca program yang ada di PLC. Oke langsung saja simak caranya dibawah ini.
  1. Tahap pertama buka software GX Works yang telah terpasang pada PC sobat. Klik start cari dan klik dropdown folder MELSOFT. Kemudian klik aplikasi GX Works 2
    Start Menu Melsoft
    source: dewateknik.com
  2. Setelah software terbuka, klik menu Online Kemudian klik Read from PLC
  3. Read From PLC
    source: dewateknik.com
  4. Kemudian pilih tipe PLC yang akan dibaca. Karena admin menggunakan Q03UDV maka pilih tipe PLC Q CPU (Q Mode). Klik OK
  5. Select Q CPU
    source: dewateknik.com
  6. Akan muncul kotak dialog pemilihan protokol. Dibawah gambar jika menggunakan protokol USB.
  7. Protokol USB
    source: dewateknik.com
  8. Jika menggunakan Ethernet, pilih protokol Ethernet.
  9. Protokol Ethernet
    source: dewateknik.com
  10. Kemudian isi IP PLC seperti pada gambar dibawah ini dengan cara klik 2 kali pada Icon PLC Module.
  11. Protokol Ethernet
    source: dewateknik.com
  12. Jika selesai, lanjutkan dengan test koneksi. Jika koneksi berhasil akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini. Namun jika gagal akan muncul pesan Error Connecting
  13. Protokol Ethernet
    source: dewateknik.com
  14. Terakhir akan muncul dialog untuk mulai proses pengambilan program (Download). Klik Select All untuk download semua program yang ada di PLC. Kemudian klik Execute
  15. Download Program PLC
    source: dewateknik.com
  16. Jika proses download telah berhasil maka akan muncul seperti gambar dengan progress bar completed. Lalu klik close dan akan dibawa ke tampilan layar program.
  17. Download Program PLC
    source: dewateknik.com
  18. Proses pengambilan program PLC sudah selesai dan akan dibawa menuju halaman editor program seperti dibawah ini.
  19. Download Program PLC
    source: dewateknik.com

Upload Program Q-Series PLC

Jika pada bab sebelumnya menjelaskan bagaimana cara download atau read program dari PLC, selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara upload program atau write program dari editor GX Works ke PLC. Disini saya hanya menjelaskan cara write saja. Untuk operasional di GX Works akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.
  1. Setelah program berhasil di modifikasi dan rebuild, hal yang harus dilakukan adalah menulis kembali program tersebut ke PLC. Klik menu Online kemudian klik Write to PLC, klik select All, dan Execute untuk proses write program. Radio Button berada pada posisi Write
  2. Upload Program PLC
    source: dewateknik.com
  3. Jika berhasil maka akan muncul pesan Completed
  4. Itulah tutorial bagaimana cara Download dan Upload program PLC Mitsubishi